ISI LATAR BELAKANG MASALAH SKRIPSI

ISI LATAR BELAKANG MASALAH SKRIPSI

Latar belakang masalah merupakan uraian arti penting permasalahan penelitian sehingga perlu diteliti untuk kepentingan pengembangan ilmu. Latar belakang harus menguraikan tiga hal penting, yaitu :
  1. Jelaskan alasan akademik/rasional dan esensial yang mengganggu kalau tidak diteliti. Alasan itu berupa penjelasan singkat tentang posisi permasalahan dalam bidang keilmuan yang diteliti. Argument atau alasan dapat diperoleh dari berbagai sumber atau perpaduan antara teori, hasil penelitian terdahulu untuk masalah yang sama, pertanyaan tentatif dari seseorang yang dipandang memiliki otoritas, atau lainnya. 
  2. Sebutkan permasalahan penelitian yang berkaitan langsung dengan masalah atau tema yang akan diteliti. Masalah merupakan “penyimpangan” dari teori kondisi yang “sharusnya” terjadi dengan kondisi yang “senyatanya” terjadi dalam penelitian. Himpunan permasalahan ini merupakan ruang lingkup penelitian yang masih memerlukan pembatasan supaya penelitian terfokus. 
  3. Pilih dan tegaskan fokus permasalahan yang akan diteliti. 
Berikan penjelasan tentang alasan pemilihan permasalahan tersebut yang meliputi :  
  • Akibat negatif kalau permasalahan tersebut tidak diteliti. 
  • Akibat positif kalau hal itu diteliti. 

    kelas suksesdariyoutube.com

Penulisan latar belakang harus dipaparkan secara cermat, tajam, sistematis, argumentatif dan ringkas (2-5 halaman). Isinya “tidak boleh hanya sekedar cerita” tentang rentetan peristiwa yang berkaitan dengan rencana penelitian. Deskripsi latar belakang harus betul-betul diorientasikan dan difokuskan pada penyebab yang melatarbelakangi munculnya rumusan masalah. Latar belakang dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) harus menggambarkan fenomena yang merupakan prasiklus yang menuntut dilaksanakannya penelitian. 
Itulah gambaran mengenai isi dari latar belakang masalah dalam menulis proposal maupun skripsi. Setelah menyusun latar belakang maka selanjutnya adalah menentukan rumusan masalah.

thumbnail Title : ISI LATAR BELAKANG MASALAH SKRIPSI
Posted by : Andri Stiawan
Published : 2014-08-30T00:09:00+07:00
Rating : 5
Reviewer : 99999 Reviews
Tag : SKRIPSI
0 Komentar untuk "ISI LATAR BELAKANG MASALAH SKRIPSI"

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar Anda.

Back To Top