Permainan Verb Search Untuk Mengajar Grammar

Metode Bahasa Inggris 250 x 250
Banyak orang yang sungkan untuk belajar bahasa Inggris. Salah satu alasan yang menjadi momok sebagian besar pemula ialah Grammar. Saya rasa itu hanyalah alasan tidak mau belajar karena malas. Namun hal itu dapat dicari solusinya. Salah satunya menggunakan permainan sebagai medianya. Lantas apa permainan yang cocok untuk mengajar grammar?

Ada banyak jenis permainan yang bisa dijadikan altternatif untuk mengajar grammar. Salah satunya ialah Verb Search Game. Permainan ini bisa menjadi alternatif bagi pendidik khusunya guru bahasa ingris untuk mengajarkan pada peserta didik tentang grammar, khususnya untuk mengajar simple past tense. Selain simple past tense, verb search game juga bisa diimplementasikan untuk mengajarkan Regular dan Irregular Verb

Kali ini saya akan berbagi tentang penggunaan Verb Search Game untuk mengajarkan Simple Past Tense, Regular dan Irregular Verb . Sebelumnya cara ini sudah dipraktekkan oleh teman sekelas saya, beliau bernama Mrs. Tsien Tsuwayroh. Beliau yang telah membuat procedure ini karena mendapatkan ide dari permainan yang ada di telepon pintarnya.

Baiklah, seperti apa cara pengajaran grammar menggunakan verb search game, berikut ini langkah-langkahnya :

Verb Search Game

Subject      : English
Grammar  : Review  Simple Past Tense –Regular and   Irregular Verb
Material    : One verb search sheet per two students
Time          : 10 – 15 minutes

Procedure



  1. Teacher  tells  to students that the material is about  “Simple Past Tense” 
  2. Teacher reviews the material that emphasizes to regular and irregular verb and gives them example. 
  3. To improve about regular and irregular verb, teacher divides class to work in pairs. 
  4. Teacher gives each pair a verb search sheet. Tells the students that there are a large number of regular and irregular verbs buried in the sheet. Their task is to unearth as many verbs parts as they can as fast as they can. Every time they unearth a verb part they are to jot it down and also jot down the other two parts and its meaning in their own language. Warn them they may find verbs parts going horizontally, vertically, and diagonally, as well as backwards. 
  5. After about 5 minutes’ search asks the students to change pairs. Do this a couple of times during the exercise. While this is going on go round and check that they are trying to jot down the other part of the verb-help especially with pronunciation-get them to say the parts of each verb they have written down. Teacher have  to go fast to get round the whole class-teacher’s speed will help to heighten their sense of urgency in the search. 
  6. Teacher asks the students to give their answer in board verb search as many verbs parts as they can as fast as they can. 
  7. The winner is who can find as many verbs parts as they can as fast as they can.


VERB SEARCH
Find In The Puzzle The Simple Past Tense Forms Of The Verbs In The Clues. Then, Group The Verbs Into Regular Or Irregular Verbs 

Metode Bahasa Inggris 468 x 60

Verb Search Game
Itulah tadi penggunaan Search Verb Game untuk mengajar grammar simple past tense, regular and irregular Verb. Silahkan terapkan dalam kelas Anda dan dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat.

Baca juga Metode Bahasa Inggris mudah supaya jadi expert




thumbnail Title : Permainan Verb Search Untuk Mengajar Grammar
Posted by : Andri Stiawan
Published : 2015-05-11T21:26:00+07:00
Rating : 5
Reviewer : 99999 Reviews
9 Komentar untuk "Permainan Verb Search Untuk Mengajar Grammar"

Terima kasih untuk gamenya. Semangat selalu =)

apa pengertian dari game tersebut ?
mohon bantuannya, karena saya sedang dalam pengerjaan skripsi dan apakah anda pernah menggunakan game ini sebagai media anda dalam meneliti ?
terimakasih

Game dalam kamus bahasa inggris maknanya permainan, untuk detailnya bisa lihat di https://en.wikipedia.org/wiki/Game . saya tidak memakai game ini dalam penelitian saya. Jika Anda ingin menggunakan, dengan senang hati dipersilahkan. sebenarnya permainan ini diaplikasikan oleh teman saya Ny. Hj. https://www.facebook.com/tsien.tsuwayroh. karena saya anggap bagus, akhirnya saya bagikan ke publik melalui artikel ini.

Salam...bsa minta referensi dari game tersebut gak? karna saya sudh terlanjur menggunakan game tersebut dalam skripsi saya tapi terbentur di referensi. mohon bantuannya

waalaikum salam mbk muniroh batubara, terima kasih sebelumnya sudah berkunjung ke blog saya. untuk referensinya seingat saya dulu pakai aplikasi game di android tapi lupa namanya, coba mbk cari game tentang verb search tersebut.

Oh ya td malam coba ngulik buku di lemari ternyata ada materi verb Search ada di buku Grammar Games (cognitive, affective and drama activities for EFL student) karya Mario Rinvolucri terbitan Cambridge University Press halaman 124

hehehe jadi ingat waktu game dulu pas masi SD , thankss ya gan
klo sempet mampir ke web sini it solution indonesia siapa tau aja bisa nambah informasi

Mohon maaf bolehkah saya menggunakan games ini untuk di ajarkan pada anak didik saya ?

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar Anda.

Back To Top